Press "Enter" to skip to content

Mendes PDTT Minta Kepala Desa Aktif Cegah Karhutla

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta kepala desa (kades) di seluruh Indonesia agar terlibat aktif dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Abdul Halim menjelaskan, kades dapat merujuk pada Sustainable Development Goals (SDGs Desa) yang menjadi acuan penggunaan dana desa di mana di dalamnya terdapat poin-poin yang berkaitan dengan lingkungan.

“SDGs Desa bisa dijadikan rujukan bagi kepala desa,” kata Abdul Halim Iskandar, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin (22/2/2021).

Kemdes PDTT, lanjutnya, juga akan melaksanakan pendampingan khusus terhadap para kades berkaitan dengan pemanfaatan dana desa untuk penanggulangan kebakaran.

“Kementerian Desa PDTT siap melakukan pendampingan dan utamanya terkait dengan pemanfaatan dana untuk pencegahan kebakaran hutan,” kata Abdul Halim.

Diketahui, Mendes PDTT menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) secara virtual. Rakor ini dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sumber: https://www.beritasatu.com/nasional/736861/mendes-pdtt-minta-kepala-desa-aktif-cegah-karhutla

Comments are closed.