Press "Enter" to skip to content

Kemdes PDTT Pantau Penerapan PPKM Mikro di 22.000 Desa

JAKARTA, investor.id – Plt. Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Rosyidah Rachmawaty mengatakan, sejak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro, pihaknya melakukan pemantauan di 22.000 desa di enam provinsi.

“Jadi 22.000 desa yang melakukan PPKM mikro sudah melakukan berbagai kegiatan. Ada sosialisasi, kemudian penyediaan tempat cuci tangan, penyemprotan desinfektan, dan pendirian pos relawan desa sudah mencapai 18.535 desa,” kata Rosyidah dalam acara dialog virtual bertemakan: “Dampak Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Skala Mikro, Senin (22/2/2021).

Ia menambahkan, selain posko, ada pendirian tempat isolasi di 4.150 desa. Selain itu, ada kegiatan lain di lakukan di desa, seperti pendataan terhadap masyarakat yang rentan sakit dan sosialisasi protokol kesehatan (prokes).

Untuk mendukung terlaksananya semua kegiatan desa, Rosyidah menuturkan, secara regulasi, 8 % dari pagu dana desa dialokasikan untuk kegiatan penanganan Covid-19 diluar bantuan langsung tunai dana desa.

“Kami terus melakukan pemantauan dan sudah diterbitkan juga Dirjen Perimbangan Keuangan untuk memperlancar atau relaksasi terhadap pencairan 8% dari dana desa untuk penanganan Covid-19,”ucapnya.

Sumber: https://investor.id/business/kemdes-pdtt-pantau-penerapan-ppkm-mikro-di-22000-desa

Comments are closed.