Press "Enter" to skip to content

Bagaimana Cara Dapat BLT DD Rp300.000?, Cek di sid.kemendesa.go.id

iNSulteng – Kalian yang bertanya soal cara mendapatkan BLT Dana Desa (DD), simak penjelasan berikut ini.

Salah satu bantuan langsung tunai yang cair pada bulan Februari 2021 ini ialah BLT Dana Desa (BLT DD).

BLT DD dijanjikan pemerintah cair Rp300.000 per penerima setiap bulan sepanjang 2021.

Hal ini sebagaimana dikutip iNSulteng.com, Rabu 3 Maret 2021 dari Pikiran-rakyat.com dengan artikel “BLT DD Rp300.000 Februari 2021, Simak Cara Cek Penerima, Tanpa NIK KTP”

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan anggaran untuk program pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2021 hingga Rp619 triliun.

BLT DD Rp300.000 yang cair tiap bulan, merupakan salah satu yang bersumber dari anggaran PEN yang sebenarnya dirancang di kisaran Rp533,1 triliun.

“Anggaran PEN tahun ini Rp533,1 triliun. Angka ini masih sangat preliminary. Semalam kami baru diskusi dengan kementerian dan Kemenko lain angka ini meningkat sampai level Rp619 triliun,” katanya dalam acara Mandiri Investment Forum 2021 di Jakarta, Rabu, 3 Februari 2021 lalu.

Menukil pemberitaan Antara, fokus PEN 2021 pada empat bidang yaitu kesehatan, perlindungan sosial, program prioritas, serta UMKM, dan pembiayaan korporasi.

Untuk bidang kesehatan mendapat alokasi sebesar Rp104,7 triliun yang digunakan untuk pengadaan dan operasional vaksin COVID-19, sarana, prasarana, dan alat kesehatan, biaya klaim perawatan, insentif tenaga kesehatan dan santunan kematian, serta bantuan iuran BPJS untuk PBPU/BP.

Untuk bidang perlindungan sosial memiliki alokasi Rp150,96 triliun dengan fokus PKH bagi 10 juta KPM, kartu sembako, Pra Kerja, BLT Dana Desa, bansos tunai bagi 10 juta KPM, subsidi kuota PJJ, serta diskon listrik.

Untuk program prioritas dialokasikan Rp141,36 triliun yang difokuskan pada dukungan pariwisata, ketahanan pangan, pengembangan ICT, pinjaman ke daerah dan subsidi ke daerah, padat karya K/L, kawasan industri, serta program prioritas lainnya.

Untuk bidang UMKM dan pembiayaan korporasi dialokasikan Rp150,06 triliun dengan fokus pada subsidi bunga KUR dan non-KUR, IJP korporasi dan UMKM, penempatan dana, serta penjaminan loss limit dan korporasi.

Kemudian juga untuk pembiayaan PEN lainnya serta PMN kepada BUMN yang menjalankan penugasan yaitu HK, ITDC, Pelindo III, dan KIW.

Lantas, untuk mengetahui apakah pembaca masuk daftar penerima BLT Dana Desa Februari 2021, dapat mengakses sid.kemendesa.go.id. Kemudian ini langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi laman sid.kemendesa.go.id
  2. Pada halaman home terdapat dua pilihan pencarian data desa
  3. Pilih pencarian data desa berdasarkan nama desa
  4. Ketik nama desa lalu enter
  5. Setelah muncul nama desa, pilih BLT DD pada menu
  6. Daftar penerima BLT Dana Desaakan terlihat

Namun, perlu diingat, para calon penerima wajib memenuhi kriteria berikut:

  1. Masuk dalam kriteria keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di Desa bersangkutan
  2. Tidak termasuk penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Pra Kerja, Bantuan Sosial Tunai (BST), dan program bantuan sosial pemerintah lainnya.

Sumber: https://insulteng.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-901530969/bagaimana-cara-dapat-blt-dd-rp300000-cek-di-sidkemendesagoid

Comments are closed.