Press "Enter" to skip to content

Desa Air Rami Kategori Desa Maju, Ada Tiga Desa Tertinggal di Kabupaten Mukomuko

RBP, Mukomuko – Dari 148 Desa yang ada di Kabupaten Mukomuko, sebanyak 15 Desa masuk dalam kategori Desa berprestasi dan tidak Desa dalam kategori tertinggal.

Salah satu Desa yang berprestasi itu berada di Kecamatan Air Rami yakni Desa Air Rami. Dibawah kepemimpinan Yuliana, Desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bengkulu Utara mampu meraih prestasi Desa Maju.

Pj. Kepala Desa Air Rami, Yuliana. A, SE mengatakan prestasi tersebut merupakan suatu tantangan agar kedepanya lebih baik dan disiplin dalam mengelola keuangan Desa.

“Ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Desa Air Rami. Apresiasi dan terima kasih untuk seluruh jajaran Pemerintah Desa, BPD Pemerintah Kecamatan Air Rami, Pendamping Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat dan Adat serta lainnyaserta seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung kesuksan dan terelisasinya penyerapan dana Desa hingga Desa Air Rami merupakan Desa Maju,”kata Yuliana, Rabu (03/03/2021).

Kades juga mengapresiasi kerjasama seluruh unsur hingga Pemdes Air Rami berada di posisi saat ini.

Selain itu, Pemerintahan desa mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Desa, Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri atas diberikan dana Afirmasi kinerja di tahun anggaran 2021.

“Alhamdulillah, anggaran untuk Desa Air Rami tahun 2021 ini mendapat tambahan sebesar 288 juta,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Gianto mengapresiasi Desa yang masuk dalam kategori. Ia meminta jajaran Pemdes untuk tetap berbenah dengan capaian – capaian yang telah diraih.

“Harus tetap berbenah dengan capaianya. Artinya kedepan tata kelola harus lebih baik lagi, karena ini berhubungan dengan administrasi dan penilaianya bukan di kami (Dinas. red). Ini langsung dari Kementerian melalui aplikasi sistem keuangan Desa, itulah langsung dipantau,”kata Kadis PMD Mukomuko, Selasa (03/03 /2021).

Saat disinggung penanganan Desa yang masuk dalam kategori Desa tertinggal, Gianto menegaskan jika ini merupakan merupakan tugas agar Desa – Desa tersebut sejajar dengan Desa lainnya.

“Ya, berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2020 dan ini berdasarkan skala aksebilitas (transportasi. red) Sido Mulyo, Bukit Makmur dan Sindang Mulyo merupakan Desa yang masuk dalam kategori Desa tertinggal. Ini produk kawan-kawan pendamping dan setiap tahun dilakukan pemuktahiran data. Ya, ini merupakan kewajiban para pemangku kepentingan. Semuanya harus masuk sesuai dengan peran dan fungsinya. Bukan tugas satu pihak, ini merupakan tugas bersama agar Desa – Desa tersebut sejajar dengan Desa lainnya.” pungkasnya.

Sumber: https://radarbumipekal.com/2021/03/03/desa-air-rami-kategori-desa-maju-ada-tiga-desa-tertinggal-di-kabupaten-mukomuko/

Comments are closed.