Press "Enter" to skip to content

Ini Salah Satu Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Salah satu prioritas dalam pemanfaatan Dana Desa (DD) Tahun 2021 adalah Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

BLT DD ini diperuntukkan warga miskin yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat atau KPM untuk mendapatkan bantuan sebesar Rp. 300.000 perbulan selama setahun penuh.

Dijelaskan Koordinator Tenaga Pendamping Profesional P3MD Provinsi Maluku, Syahrir Rumluan, bantuan kepada warga miskin yang bersumber dari DD Tahun 2021 ini sesuai Peraturan Menteri Desa Nomor 13 Tahun 2020 tentang penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Yang mana salah satunya diamanatkan untuk pelaksanaan bantuan selama satu tahun penuh. “Jadi 12 bulan diberikan secara cuma-cuma kepada Keluarga Penerima Manfaat BLT DD tersebut,”terangnya di Ambon, Kamis (4/3/2021).

Namun, lanjut Rumluan, tidak semua warga desa bisa menjadi KPM untuk selanjutnya mendapatkan BLT DD ini. Karena terlebih dahulu harus memnuhi standar kriteria sebagaimana yag ditetapkan Kementerian Desa.

Setidaknya ada empat kriteria sebelum warga desa bisa ditetapkan sebagai KPM BLT DD.

Kriteria pertama adalah warga miskin yang belum terdata dalam Data Terpadu Keterpaduan Sosial (DTKS) yang ada di Kementerian Sosial.

Kedua adalah masyarakat miskin yang sudah terdaftar di DTKS namun belum mendapatkan bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), BST, Bantuan Pangan Tunai dan sebagainya.

Ketiga adalah warga terdampak Covid-19 yang menyebabkan kehilangan pekerjaan.

“Untuk point ketiga ini desa harus betul-betul jelih, jangan sampai point ketiga ini digunakan untuk tujuan sesat. Karena yang kami pantau, desa-desa itu banyak kriteria ketiga ini masuk dan terjadi pembengkakan data KPM. Jangan sampai salah terjemah. Warga terdampak (covid-19) ini adalah mereka yang tadinya sebelum Covid punya pekerjaan tetap namun tiba-tiba karena covid kehilangan pekerjaan sehingga kesulitan kebutuhan ekonominya. Kalau keluarga terdampak tapi jika dia masih bisa nafkahi keluarganya berarti bukan termasuk kriteria ketiga ini. Ini harus jelas disitu ya,”jelasnya.

Dan kriteria keempat adalah warga miskin yang sakitnya menahun. “Sakit menahun itu adalah sakit yang akut, susah diobati sehingga harus disentuh BLT DD. Jadi itu empat kriteria yang wajib dilaksanakan untuk pelaksanaan eksekusi BLTD Dana Desa,”tandasnya.

Sumber: https://terasmaluku.com/ini-salah-satu-prioritas-penggunaan-dana-desa-tahun-2021/

Comments are closed.