Press "Enter" to skip to content

KPK Bersama Kemendes Perkuat Pengawasan Dana Desa

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengunjungi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (3/3). Abdul Halim mengajak KPK memperkuat pengawasan dana desa.

Kunjungan Mendes PDTT disambut, tiga Pimpinan KPK, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, dan Nawawi Pomolango. Dalam pertemuan itu, Wakil Ketua KPK Nawawi menyampaikan pendapatnya mengenai pengalaman selama ia menjadi hakim.

“Dulu itu, di Kabupaten Poso, ada satu kejaksaan cabang itu hobinya membawa kepala desa, bahkan yang nilai perkaranya hanya 4,5 juta rupiah. Di sini kita bisa bincangkan agar Kemendes bisa mencari formula seperti apa yang pas, seperti bahasanya pak Tito kemarin selaku Menteri Dalam Negeri, jangan mereka ini dihukum karena ketidakmampuannya,” ujar Nawawi.

Abdul Halim pun merespons baik usulan itu. Menurutnya, jika melihat dari besarnya dana desa, maka pemerintah memang sangat membutuhkan penanganan yang sangat serius untuk mengawal pemanfaatan dan pelaporan dana desa.

Menurut Abdul Halim, alokasi dana desa, APBDes dan pendapatan asli desa itu, tiap tahun pasti akan meningkat, dan dana desanya juga meningkat.

Misalnya sebut Mendes, pada 2019 total dana desa sebesar Rp70 triliun, kemudian tahun 2020 menjadi Rp72 triliun, maka tahun depan pasti akan meningkat lagi. “Ini sangat strategis. Jika desa mampu mengelola ekonominya, dan masyarakatnya menjadi sejahtera maka ini menurunkan angka kemiskinan secara nasional,” jelas Abdul.

Baca Juga: Cegah COVID-19, Dirjen PPMD Sebut Pemdes Bisa Gunakan Dana Desa, Kabupaten Nunukan Sudah Jalankan

Mendes pun menjelaskan, bahwa dana desa tahun 2020 senilai Rp72 triliun, sedangkan APBDes Indonesia sebesar Rp130 triliun.

Menurutnya, APBDes itu berasal dari empat sumber. Pertama, dana desa APBN; kedua, alokasi dana desa dari kabupaten; ketiga, bantuan keuangan desa dari provinsi; dan keempat pendapatan asli desa.

Abdul Halim berharap dengan adanya pendampingan oleh KPK, maka pemanfaatan dana desa bisa semakin optimal.

Sumber: https://newsurban.id/2021/03/05/kpk-bersama-kemendes-perkuat-pengawasan-dana-desa/

Comments are closed.