Press "Enter" to skip to content

Genjot Wisatawan, Kemendes PDTT Gelar Lomba Video Protokol Kesehatan Desa Wisata

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertingggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bekerja sama dengan Atourin menggelar lomba bertemakan protokol kesehatan di desa wisata.

Lomba tersebut digelar sebagai salah satu upaya pemulihan sektor pariwisata di desa wisata untuk meyakinkan wisatawan agar bisa berkunjung.

“Program inspirasi desa untuk Indonesia ini terdiri dari Lomba membuat itinerary dan membuat video protokol kesehatan khusus Desa Wisata,” kata Direktur Jenderal Percepatan Pembangungan Daerah Tertinggal, Kemendes PDTT, Eko Sari Haryanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/3/2021).

Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat direplikasi oleh pihak lain dan dapat membentuk ekosistem yang jauh lebih besar, sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) di desa.

“Kami dari Kemendes PDTT mengapresiasi inisiasi dari Atourin dan kami mendukung agar banyak desa wisata yang mengikuti lomba ini,” ucapnya.

CEO Atourin, Benarivo Triadi Putra mengatakan, melalui inovasi pembuatan paket wisata desa yang berkualitas dan menampilkan video protokol CHSE, diharapkan mampu meyakinkan wisatawan agar bisa berkunjung ke desa wisata.

“Dengan kata lain, pemerintah desa ataupun masyarakat dapat tetap aktif melakukan promosi daya tarik wisata desa secara daring. Untuk mendorong adanya inovasi tersebut,” katanya.

Dia mengatakan, ada dua jenis tema lomba yakni Lomba Membuat Itineray dan Video Protokol CHSE khusus Desa Wisata.

“Untuk lomba membuat Itinerary bertajuk “Inspirasi Desa” total hadiah Rp5 juta untuk 5 orang pemenang (masing-masing pemenang). Sedangkan Lomba Video Protokol CHSE bertajuk Nyaman Berlebaran di Desa total hadiah Rp6 juta untuk 3 orang pemenang,” katanya.

Dia mengatakan, pendaftaran lomba dibuka mulai 8-22 Maret 2021 dan pengumuman dilakukan 31 Maret. Lomba yang dibuka gratis bagi pengelola desa wisata atau umum itu memperebutkan hadiah total Rp6 juta.

“Namun selain hadiah, yang terpenting adalah karya yang akan dilombakan nanti oleh masingmasing desa dapat dimanfaatkan untuk desa itu sendiri dalam menghadapi stagnansi industri pariwisata,” katanya.

Sumber: https://regional.inews.id/berita/genjot-wisatawan-kemendes-pdtt-gelar-lomba-video-protokol-kesehatan-desa-wisata

Comments are closed.