Press "Enter" to skip to content

Kemendes PDTT: Realisasi Dana Desa Capai Rp 5,34 Triliun

JAKARTA, investor.id – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menyatakan hingga Senin (8/3) realisasi dana desa telah mencapai Rp 5, 34 triliun atau 7% dari pagu dana desa Rp 72 triliun. Dana tersebut telah disalurkan kepada 23.396 desa.

“Kami terus monitor seluruh pendanaan di tingkat desa agar sesuai dengan tanggung jawab dan kewajiban yang diberikan oleh satgas bisa dilakukan dengan menggunakan dana desa,” ucap Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021, Selasa (9/3).

Realisasi dana desa digunakan untuk desa aman Covid-19 sebesar Rp519,74 miliar atau 9,7% dari total pencairan dana desa. Sementara itu, realisasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa mencapai Rp 215,29 miliar atau 4% dari total pencairan dana desa.

Abdul Halim mengatakan penyerapan dana desa khusus di lokasi yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro hingga Senin (8/3) mencapai Rp 3,2 triliun. Angka terebut menunjukkan realisasi dana desa di 7 daerah PPKM kecuali DKI Jakarta baru mencapai 13% dari pagu Rp 24 triliun.

“Dana desa tahun 2021 dilanjutkan untuk penanganan Covid, kami terus melakukan pemantauan di 7 provinsi yang menjalankan PPKM skala mikro kemudian sekarang tambah tiga lagi,” ucap Abdul Halim.

Tujuh provinsi yang menjalankan PPKM skala mikro yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bali, dan DKI Jakarta. Saat ini pemerintah menambah tiga provinsi lagi yaitu Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

“Ini digunakan untuk berbagai hal, misalnya pembiayaan operasional posko gerbang desa atau posko tanggap Covid-19. Kami berikan ruang bagi desa untuk memberikan nama sesuai kearifan lokal masing-masing daerah,” ujar Abdul Halim Iskandar.

Sumber: https://investor.id/business/kemendes-pdtt-realisasi-dana-desa-capai-rp-534-triliun

Comments are closed.