Press "Enter" to skip to content

Dana Desa Selama PPKM Duitnya Gede, Tapi Sayang Cairnya Lelet!

JAKARTA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyebut penyaluran dana desa selama kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membaik. Meskipun, angka penyalurannya masih rendah dari pagu anggaran yang tersedia.

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Taufik Madjid mengatakan ada peningkatan yang signifikan penyaluran dana desa selama PPKM Mikro diberlakukan. Secara khusus untuk desa-desa yang berada di 6 Provins yang menerapkan PPKM Mikro.

“Kami klarifikasi sebetulnya ada peningkatan yang signfikan dana desa setelah diberlakukannya PPKM Mikro. Di Januari masih di bawah hanya sekian persen, tapi dengan PPKM skala mikro kemudian naik penyaluran dana desa khususnya di 6 Provinsi dalam wilayah Kementerian Desa minus DKI Jakarta,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (8/3/2021).

Menurut Taufik, ada peningkatan hingga 60% dalam penyaluran dana desa jika dibandingkan dengan sebelum penerapan PPKM. Dana-dana desa tersebut digunakan untuk program-program dan kegiatan PPKM di desa.

“Jadi ada peningaktan lebih dari 60% untuk penyaluran dana desa dan itu antara lain dipakai untuk membantu program-program yang masuk ke dalam kegiatan PPKM skala mikro,” ucapnya.

Taufik pun mengaku akan terus mengakselerasi penyaluran dana desa misalnya dengan mengirim tim ke daerah-daerah untuk melakukan monitoring pada dana desa. Sebab menurutnya, tim monitoring yang sudah diterjunkan cukup membuahkan hasil.

“Di Tangerang misalnya setelah diturunkan tim pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh Pemda, dana desa ini dilaporkan mulai hari serentak akan banyak kas dana desa yang cair ke kas desa. Satu perkembangan yang baik sekali kita akan terus melakukan,” jelasnya.

Sumber: https://ekbis.sindonews.com/read/358252/34/dana-desa-selama-ppkm-duitnya-gede-tapi-sayang-cairnya-lelet-1615205025

Comments are closed.