Press "Enter" to skip to content

Walah! Duit Dana Desa Lelet Cair Selama PPKM

JAKARTA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melaporkan hasil evaluasi dari pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro di 6 Provinsi. Termasuk juga dalam penyerapan dana desa di pada desa-desa yang menjalankan PPKM Mikro.

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Taufik Madjid mengatakan, penyerapan dana desa pada 6 Provinsi yang melaksanakan PPKM Mikro tersebut masih sangat rendah. Dari pagu dana desa Rp24,82 Triliun, baru terserap sekitar Rp3,16 triliun. “Kami laporkan penyerapan dana desa di lokasi titik PPKM Mikro di 6 provinsi. Pagu dana desa ada Rp24,82 triliun yang diserap baru Rp3,16 triliun atau 12%,” ujarnya dalam acara konferensi pers virtual, Senin (8/3/2021).

Dari jumlah tersebut sudah ada sekitar 12.192 desa yang sudah mencairkan dana desa untuk membantu menjalankan program selama masa PPKM Mikro. Namun angka tersebut masih rendah karena baru sekitar 53%. “Sedangkan desa yang sudah mencairkan dana desa untuk membantu pelaksanaan PPKM Mikro ini ada di 12.192 desa atau baru 53%,” kata Taufik.

Taufik menambahkan, ada beberapa desa yang melaksanakan PPKM Mikro di 6 Provinsi tersebut. Berdasarkan catatannya, ada sekitar 23.000 desa yang masuk ke dalam zona untuk menerapkan kebijakan PPKM Mikro di 6 Provinsi beberapa waktu lalu. “Kami terus melakukan dengan Kementerian Keuangan untuk memantau PPKM Mikro. Di bawah koordinasi Kementerian Desa khususnya untuk desa-desa yang masuk ke 6 Provinsi terkait PPKM skala mikro ini ada 23.000 desa,” jelasnya.

Sumber: https://www.rctiplus.com/news/detail/ekonomi/908830/walah-duit-dana-desa-lelet-cair-selama-ppkm

Comments are closed.